Deep Work Solusi untuk Kerja di Tahun 2019 Lebih Produktif





Kalender 2018 sebentar lagi berganti. Waktu untuk mengejar berbagai target yang belum tercapai sejak awal tahun  kemarin semakin sempit. Selain bekerja lebih keras, kita harus bekerja dengan lebih efektif dan produktif tentu saja.

Cal Newport menulis buku berjudul Deep Work: Rules For Focused In A Distracted World. Buku ini bermula dari sebuah keprihatinan bahwa kita sekarang berada di masa banjir informasi, menjadi sangat susah untuk mempertahankan fokus selama berjam-jam selama kerja. Cal Newport memberikan beberapa tips di dalam bukunya untuk kita bisa bekerja dengan lebih fokus hingga akhirnya menjadi lebih produktif.

Deep work yang dimaksud oleh Cal Newport adalah aktivitas bekerja secara profesional dalam keadaan bebas gangguan untuk memaksimalkan kemampuan berpikir. Dalam keadaan ini, kita bisa menciptakan nilai baru, meningkatkan kemampuan sehingga sulit diduplikasi atau digantikan oleh mesin. Namun karena banyaknya distraksi yang kita hadapi dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini, melakukan deep work menjadi barang langka dan sangat dihargai. Selain itu, banyak di antara kita yang terlihat sibuk namun tidak produktif. Sementara dengan deep work, kita bisa menjadi lebih produktif dengan waktu yang lebih singkat oleh karena itu kemampuan melakukan deep work menjadi penting.

Mari kita bedah, apa saja perilaku yang bisa membantu kita meningkatkan produktivitas dengan mempraktikkan deep work :

11. Single-tasking



Kita mungkin lebh sering mendengar multitasking sebagai cara untuk bisa bekerja dengan lebih cepat. Namun sekali lagi, sebuah riset membuktikan bahwa multitasking justru menurunkan produktivitas. Hal ini semakin meyakinkan bahwa melakukan sebuah tugas secara terfokus justru bisa meningkatkan produktivitas.


22. Bekerja tanpa gangguan



Pernahkah saat bekerja kita ingin membalas email namun sebelum balas email, mampir membuka Instagram, eh artis idola baru saja mengunggah IG Story maka kita melihatnya dulu hingga lupa tujuan awal tadi yaitu mengirim email. Berapa sering kita seperti itu? Saat sedang bekerja sebisa mungkin, jauhkan diri dari gangguan-gangguan yang mungkin terjadi.

33. Fokus, fokus, fokus



Dengan bekerja tanpa gangguan akan memudahkan kita memusatkan seluruh energi yang kita miliki untuk fokus mengerjakan sebuah pekerjaan yang ada di depan kita. Dengan fokus yang tinggi, kita bisa berpikir secara efektif untuk menyelesaikan tugas. Akibatnya, tugas bisa selesai dengan lebih baik dalam waktu yang lebih singkat.

44. Meningkatkan durasi fokus



Biasanya setelah menyelesaikan sebuah tugas dengan fokus yang tinggi tidak mudah bagi kita untuk mengalihkan fokus kita pada hal yang baru. Oleh Cal Newport hal ini disebut dengan attention residue. Adanya attention residue membuat kualitas fokus yang kita miliki ketika mengerjakan tugas A lalu tugas B lalu tugas C dan seterusnya akan terus berkurang. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan durasi fokus kita.

Pada akhirnya, deep work merupakan keterampilan yang setiap hari harus dilatih agar kita bisa dan biasa melakukannya. Kalender 2018 sudah hampir berganti sehingga perlu untuk cetak kalender 2019, waktu terus berjalan dan tidak bisa diulang lagi, oleh karena itu penting sekali untuk bekerja dengan efektif agar tak ada penyesalan di hari depan.

Jika artikel ini Anda anggap akan berguna juga untuk teman dan rekan kerjamu jangan ragu untuk membagikannya dengan mereka ya! Hope they will like it as you do.