Potensi Bisnis Menggiurkan MICE



Meeting, incentives, convention and exhibition atau event (MICE) menjadi industri yang sedang tumbuh di Indonesia, juga di Jogja. Pariwisata yang kini sedang digenjot pertumbuhannya salah satunya ditopang oleh MICE. Bahkan Eddy Susilo, Kepala Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Kementriaan Pariwisatamenyebutkan bahwa wisata konvensi (MICE) sudah menjadi tulang punggung pariwisata di Jogja. Di tahun 2018 ini, kementrian pariwisata menargetkan bisnis MICE bisa tumbuh 20%.

Tahun ini, Indonesia  sukses menjadi tuan rumah berbagai event bertaraf dunia seperti Asian Games di Jakarta dan Palembang, Asian Para Games di Jakarta lalu Pertemuan Tahunan IMF dan World Bank di Bali. Hal ini menjadi bukti bahwa Indonesia sudah mampu untuk menggelar event kelas dunia. Pemerintah melalui Kementrian Pariwisata fokus mempromosikan tujuh kota tujuan utama yaitu Jakarta, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Lombok.

Hal ini bisa menjadi potensi bisnis yang menggiurkan mengingat menurut data Indonesia Contact Center Association (ICCA) tahun 2012 wisatawan yang datang dengan tujuan bisnis menghabiskan uang lebih banyak 7 kali lipat dibanding turis yang datang dengan tujuan berwisata saja. Namun, nampaknya belum banyak pelaku pariwisata yang memanfaatkan peluang ini dengan baik.

Jika kamu pelaku wisata yang ingin mulai menggarap peluang bisnis MICE di Jogja, bisa simak tips di bawah ini.

11. Temukan vendor yang cocok

Memulai bisnis MICE ini seperti halnya event organizer, menemukan vendor yang tepat sangat penting baik untuk venue, konsumsi, merchandise hingga transportasi. Untuk menemukan vendor yang sesuai, bisa menggunakan sistem tender sehingga bisa ditemukan vendor yang memiliki harga paling rendah namun bisa memberikan layanan sesuai permintaan Anda.

22. Buat paket yang menarik



Sediakan paket yang lengkap untuk semua kebutuhan konsumen mulai dari event dengan skala kecil dengan peserta kurang dari 100 orang hingga skala besar yang mungin melibatkan ribuan orang. Pada masing-masing paket juga mestinya sudah termasuk lengkap berbagai fasilitas untuk mendukung pelaksanaan selama di acara. Misalnya, termasuk merchandise cetak kalender 2019 yang menjadi salah satu isi dari goodie bag untuk peserta.

33. Berikan promo khusus



Siapa tak suka promo? Bahkan klien korporat pun akan suka dengan promo bukan hanya bisa menghemat anggaran namun promo juga bisa menunjukan posisi yang khusus  karena tidak semua pelanggan akan mendapat promosi kan?

44. Rawat klien

Setelah selesai event, jangan lepas tangan begitu saja. Klien lama harus terus disapa agar hubungan terus terjalin dengan baik. Ada beragam cara untuk melakukannya, seperti mengirimkan email marketing, kunjungan, hingga memberikan merchandise seperti kalender 2019 sehingga kehadiran kita terus terasa.

55. Berikan pelayanan terbaik

Pelayanan adalah corong yang bersuara paling keras. Bahkan dengan pelayanan yang terbaik mungkin klien akan dengan senang hati merekomendasikan kepada rekan bisnis. Siapkan pelayanan terbaik, bisa dimulai dengan menemukan vendor yang sesuai.

Perlu vendor untuk merchandise MICE? Silakan unduh katalog terbaru di bawah ini.