Rencanakan Hari Anda Lebih Baik dengan Kalender Meja



Setiap hari, kita punya jatah waktu yang sama, 24 jam. Namun, mengapa sebagian orang sukses dan yang lain tidak? Salah satu sebab mengapa ada banyak orang yang tidak sukses dalam hidupnya karena ketidakmampuan mengatur waktu. Nah, bagaimana cara mengatur waktu yang baik dan efektif? Mungkin tips di bawah ini bisa membantumu

1. Fokus pada apa yang sedang dikerjakan

Kelihatannya multitasking bisa membuat pekerjaan kita menjadi lebih cepat namun ternyata justru sebaliknya. Fokus pada apa satu pekerjaan yang sedang dikerjakan akan membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Misalnya sedang menulis dalam sebuah jendela lalu ingin mencari data pendukung tulisan, maka jangan tergoda untuk membuka segala macam media sosial lalu kemudian asyik melihat toko-toko online atau malah mampir ke akun gosip.

2. Kerjakan sesuai dengan prioritas



Membentuk kebiasaan merencanakan segala kegiatan esok pagi di malam hari sebelum tidur lalu membuat skala prioritas bisa menjadi solusi untuk membuat hari-hari kita lebih rapi dan efektif. Letakkan di prioritas pertama kegiatan yang sulit dan penting, biasanya kegiatan seperti ini membutuhkan konsentrasi tinggi untuk menyelesaikannya sehingga mengerjakan ketika pagi hari saat energi masih penuh dan belum banyak gangguan.

3. Memulai dari yang paling penting

Pekerjaan yang penting harus mendapat prioritas pertama dalam rencana harian kita. Menyelesaikan pekerjaan yang penting dulu akan membuat langkah kita di hari itu jadi terasa lebih ringan. Selain itu, biasanya di awal hari kita masih memiliki konsentrasi yang tinggi, belum ada banyak gangguan, dan energi juga masih penuh sehingga lebih mudah untuk menyelesaikan pekerjaan penting dengan baik.

4. Disiplin

Rencana sudah dibuat, yang harus dilakukan kemudian adalah mematuhinya. Banyak dari kita sering kali mudah membuat rencana namun tertatih-tatih menepatinya. Setiap pekerjaan mesti dibuat tenggat waktunya sehingga kita bisa memperkirakan kapan satu pekerjaan akan selesai dan bisa beralih pada pekerjaan yang lain. dengan menunda mengerjakan suatu pekerjaan maka target waktu ppenyelesaian akan mundur dan mengganggu rencana yang sudah dibuat. Akhirnya, lembur lagi, waktu bersama keluarga dan waktu untuk memanjakan diri menjadi berkurang. Selain itu, tak ada artinya rencana yang rapi tanpa tekad untuk mematuhinya.

5. Sesekali mengatakan “tidak” pun tak masalah

Dengan rencana yang sudah disusun sedemikian rupa, jika ada permintaan yang melenceng jauh dari sana dan sekiranya bisa mengganggu bisa ditolak. Belajar mengatakan tidak pada hal-hal yang bukan prioritas sewajarnya dilakukan. Tidak semua hal harus diiyakan kok, apalagi jika menjadikan kita susah sendiri.

6. Jangan lupa menyisihkan waktu untuk merawat diri sendiri

Setelah semua pekerjaan, kegiatan dan target-target sehari-hari jangan lupa untuk memperhatikan diri sendiri. Tanpa badan yang sehat dan hati yang bahagia, rencana harian tinggal rencana yang sulit untuk dilaksanakan.

Salah satu yang bisa membantu rencana harian berjalan dengan lancar adalah membuat linimasa yang rapi di kalender meja. Meski memiliki rencana rinci harian, kita tidak boleh melupakan linimasa yang lebih besar. Karena salah satu yang membuat hidup kita terasa bermakna adalah mimpi dan usaha kita setiap hari untuk mewujudkannya. Lebih banyak lagi soal kalender meja yang cocok untuk Anda? #TanyaCera saja.


Semoga harimu menyenangkan!