Tandai Kalender Anda, Bank Jangan Sampai Lewatkan Momen Harbolnas




Salah satu momen paling krusial dalam meningkatkan penjualan akhir tahun adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Harbolnas dimulai pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan yang dimaksud harbolnas hanyalah tanggal 12 Desember. Namun, melihat antusiasme pembeli empat tahun kemudian, 11 November juga ditetapkan sebagai harbolnas.

Harbolnas menjadi momen yang ditunggu pembeli karena di momen ini biasanya tersedia diskon bahkan hingga mencapai 90%. Para e-commerce juga turut berlomba-lomba memberikan berbagai fasilitas untuk semakin memanjakan para pembeli di momen harbolnas ini. Mulai dari diskon besar-besaran, cashback besar, hingga gratis ongkos kirim dengan jumlah pembelanjaan tertentu. Bahkan pada tahun 2017 lalu, ada sekitar 200 e-commerce bahkan UMKM pun tak mau kalah. Ketua harbolnas pun menyatakan keinginannya untuk terus menggandeng UMKM dalam gelaran pesta belanja akhir tahun ini agar pemerataan ekonomi bisa tercipta.



Dari data yang dihimpun oleh okezone, transaksi yang terjadi selama Harbolnas selalu meningkat setiap tahun. Partisipan yang terlibat juga bertambah. Transaksi yang tercatat selama Harbolnas 2016 adalah 3,3 triliun dan meningkat 42% di tahun 2017 menjadi 4,7 triliun. Peningkatan partisipan juga terlihat dari 211 e-commerce di tahun 2016 dan meningkat menjadi 254 e-commerce di tahun 2017. Hal ini menunjukkan kue ekonomi yang tercipta selama Harbolnas sangat besar.

Kesempatan bank untuk mengambil bagian

Bank yang menjadi sarana pembayaran antar penjual dan pembeli juga bisa turut merasakan kue Harbolnas ini. Salah satunya dengan cara bekerja sama dengan e-commerce yang terlibat dalam Harbolnas. Selain kemudahan melakukan transaksi yang bisa ditawarkan selama gelaran Harbolnas, bank juga bisa menawarkan program kredit barang konsumsi.

Tak jarang perilaku konsumen menjadi impulsif selama gelaran Harbolnas oleh karena itu sering kali pembeli impulsif ini memerlukan kredit. Bank bisa memperluas jaringan kerja sama kredit dengan e-commerce yang terlibat dalam Harbolnas. Selain luasnya, jaringan kerja sama kredit dengan e-commerce hal lain yang bisa ditawarkan adalah tambahan diskon jika melakukan pembelian menggunakan kartu kredit.

Tandai kalender

Dalam sebuah bisnis, linimasa pemasaran menjadi sangat penting. Kalender kerja yang terencana, runtut, serta ditaati dengan baik menjadi kunci suksesnya pemasaran.  Tanpa itu semua, pelaku bisnis bisa kehilangan momen yang baik untuk memasarkan sebuah produk sehingga ada resiko kerugian yang mesti ditanggung.

Kalender 2019, sebentar lagi digunakan. Sementara, target penjualan 2019 belum terpenuhi. Tiga bulan akhir tahun ini sudah semestinya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan omzet. Masih ada waktu sebulan lagi untuk mempersiapkan harbolnas pada tanggal 11 November nanti, seberapa banyak persiapan yang sudah dilakukan? Jangan sampai melewatkan dua kesempatan akhir tahun ini yaitu adanya harbolnas di dua bulan berturut-turut ini.